Kuliner

Dengan pesona alam yang luar biasa, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa surga di bumi benar ada, tetapi kita mengenalnya dengan nama GeoparkCiletuh. Bahkan, keindahannya ini juga diakui oleh UNESCO dengan statusnya sebagai Global Geopark sejak April 2018. Tidak hanya dikaruniai dengan warisan geologi yang luar biasa, jika sedang travelling ke Ciletuh, wajib mencoba kuliner khasnya. Jadi jika kamu sedang liburan, jalan-jalan atau sedang mengikuti GeoparkRun 2020, jangan lupa mencoba makanan-makanan khas ini ya!

1. Dodol Mangga

Di Ciletuh, kamu bisa menemukan pohon mangga di hampir setiap halaman rumah dan pinggir jalan. Sudah pasti dong mangga dapat ditemukan di makanan-makanan khasnya. Dodol Mangga ini kemudian ditetapkan sebagai makanan khas daerah Ciletuh atau Kabupaten Sukabumi. Dodol ini terbuat dari buah mangga yang diblender lalu dituangkan gula pasir dan dicampur dengan jelly. Kemudian dodol ini dikemas ke dalam bungkus warna-warni. Manis dan pas banget untuk dinikmati sambil menikmati pemandangan pantai yang cantik di Ciletuh.

2. Mochi

 

Siapa yang tidak kenal dengan mochi? Makanan yang sangat gemas dengan bentuknya yang kecil dan tekstur yang kenyal dan lembut ini adalah favorit banyak orang. Apalagi dengan pilihan rasa dan penampilannya yang warna-warni. Memang terdapat banyak sekali tempat-tempat yang menjual Mochi, tetapi yang paling dikenal di daerah Sukabumi adalah Mochi Lampion yang sudah didirikan sejak tahun 1983.

3. Kue Jahe

Begitu sudah menjelang malam, ademnya suasana Ciletuh pas banget untuk ngemil makanan khas yang satu ini, yaitu Kue Jahe. Kehangatan dicampur dengan rasa manis dan uniknya teksturnya ini menjadikan kue jahe makanan favorit Ciletuh yang seringkali dibawa pulang. Jangan heran jika teman-teman pada menitip bawakan kue jahe sebagai oleh-oleh ya!

4. Bubur Ayam

Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu pilihan sarapan terenak di Indonesia? Bubur ayam sudah terkenal di seluruh Indonesia, tetapi Bubur Ayam Bunut menjadi makanan khas Ciletuh, lebih tepatnya di Sukabumi. Suasana sejuknya Sukabumi membuat bubur ayam ini menjadi makanan yang pas kapanpun itu. Paling enak disantap pada saat udara Sukabumi sedang sejuk-sejuknya, yaitu di pagi buta atau pada saat larut malam. Pas banget nih setelah pulang dari menonton Geopark Run 2020, sudah istirahat dan ingin kembali menjelajahi Ciletuh.

5. Roti Priangan

Salah satu oleh-oleh yang pasti paling sering diminta dibawakan oleh teman-teman saat kamu ke Sukabumi adalah Roti Priangan. Makanan tradisional ini diburu oleh banyak sekali pengunjung karena rasanya yang sungguh enak. Adonan dan campuran khas ini membuat Roti Priangan terus-terusan dicari oleh banyak sekali wisatawan, mau itu dari luar negeri atau orang-orang dari kota lain. Toko yang paling terkenal menjual Roti Priangan ini adalah Toko Roti Priangan Oey Tjiang Lie yang sudah menjualnya sejak zaman dulu.

Bagaimana, sudah ngiler belum melihat makanan-makanan khas Ciletuh ini? Terbayang menikmati pemandangan Ciletuh yang menakjubkan dengan santapan gurih seperti bubur ayam untuk sarapan dan ditemani dengan manisnya mochi. Lezatnya bubur ayam Bunut juga dapat dinikmati sebelum Geopark Run 2020 untuk tenaga yang ekstra atau mungkin menyantap satu atau dua dodol mangga yang manis setelah istirahat dari lomba. Terdengar seperti sebuah liburan yang sempurna, bukan?